Bagaimana cara merawat kura-kura?

Haloo animal lovers! 

Di post sebelumnya kita udah bahas jenis-jenis kura kura kan? naah sekarang aku bakal share tentang cara pemeliharan kura-kura. selama ini kalian udah bener belum nih merawat binatang kesayangannya? hehe yuuk kita simak penjelasan berikut :

Tempat Pemeliharaan
Dokter hewan menyarankan untuk Tempat pemeliharaan terbaik bagi kura-kura air adalah alam bebas. Akan tetapi, Anda juga dapat menyiapkan akuarium dengan ukuran besar. Bentuknya tidak harus tinggi karena kura-kura tidak membutuhkan banyak air, tetapi ruang gerak yang luas. Siapkanlah akuarium yang panjang agar kura-kura dapat berenang dengan bebas ke sana kemari dan pastikan ukuran akuarium tidak terlalu kecil untuk usianya. 

Siapkan pula tempat pijakan (batu atau kayu) di dalam akuarium agar kura-kura dapat mengeringkan tubuh dan menghindari tumbuhnya jamur di tubuh. Satu poin penting lainnya, jangan lupa membersihkan akuarium setidaknya tiga hari sekali. Anda dapat menambahkan filter di dalam akuarium tersebut.   

Makanan
Untuk jenis kura-kura Brazil, Dokter hewan menyarankan  dapat diberikan pelet khusus kura-kura dengan berbagai merek yang tersedia. Anda harus menyesuaikan usia kura-kura dengan makanannya. Jangan sampai bayi kura-kura kelaparan karena makanannya terlalu besar dan terlalu sulit dicerna. Untuk kura-kura agak besar, bisa menyelingi pelet dengan ikan tombro hidup atau udang segar.
Anda bisa memberi makan tiga hari sekali atau seminggu sekali. Akan tetapi, jika Anda memberi makan setiap hari pun tidak masalah. Pastikan Anda tidak memasukkan makanan terlalu banyak karena jika tersisa hanya akan mempercepat air menjadi kotor.

Penyakit
Cuaca kurang baik atau si kura-kura tidak berselera makan, dapat menyebabkan tubuhnya lemas dan sakit. Jika Anda mendapati kondisi tersebut Dokter hewan menyarankan, cobalah berkonsultasi kepada teman yang paham cara penanganan kura-kura atau bawalah ke dokter hewan spesialis reptil jika semakin parah. Selain itu, kura-kura juga bisa menderita diare, tubuh berjamur, atau pengelupasan kulit berlebihan.
Untuk tubuh yang berjamur dapat ditangani dengan mencampurkan air akuarium dengan obat antijamur. Anda bisa membelinya di toko khusus perlengkapan hewan. Cara lainnya adalah menjemurnya setiap pagi di bawah sinar matahari selama 30 menit. Untuk diare dan pengelupasan kulit yang berlebihan perlu kiranya anda konsultasikan kepada dokter hewan.


Temperatur air
Temperature air harus dijaga antara 26-28 derajat celcius untuk kura-kura kecil atau sakit,dan 25-27 derajat celcius untuk kura-kura sehat dewasa. Basking area harus bersuhu 30-33 derajat celcius(gunakan lampu untuk menghangatkan basking area,disarankan lampu UvB.


Kura kura butuh  UVB untuk mencerna makanan
UVB tak dapat menembus kaca, jadi jika kamu tak bisa menyediakan lampu UVB, rajin-rajinlah menjemur kura-kuramu antara jam 6 sampai 9 pagi, 30 sampai 60 menit. Lampu juga dibutuhkan dalam kandang untuk membuat kondisi idal dimana suhu basking area lebih tinggi 10 derajat dari air.

Membeli tempat tinggal untuk kura-kura
 amu butuh tempat yang besar, kondisi yang baik adalah 3 liter air per 3 cm kura-kura plus 15 % tempat kering untuk berjemur.untuk kura-kura bayi, kamu bisa mulai dengan tempat berkapasitas 15 liter untuk tahun pertama, setelah itu kamu butuh tempat berkapasitas 30 liter. Kura-kura merupakan binatang yang memproduksi sangat banyak kotoran dan mereka butuh filter dan air yang banyak. Tanpa air yang banyak, toksin akan terbentuk dan akan berakibat pada kesehatan kura-kura. Pada hakikatnya kura-kura sangat senang berenang di air yang dalam. Mereka butuh cukup ruang untuk menyelam dan bermain. Mereka juga hewan yang territorial, butuh tempat yang besar untuk lebih dari satu kura-kura.


Letak kandang

Letak kandang kura kura sebaiknya memiliki akses untuk menerima sinar matahari pagi yang masuk melewati ½ bagian dari lantai kandang, karena kura-kura suka sekali berjemur, pastikan kandang aman dari anjing, kucing atau tikus. Alas kandang yang terbaik adalah semen, karpet tanpa bulu atau karpet karet khusus untuk reptile. Lantai keramik atau lantai yang licin sebaiknya dihindari jika memelihara kura kura yang masih kecil. Jangan pernah gunakan pasir atau serabut kayu untuk hamster.

Tips dan Trik

Ada beberapa tips dan trik sebelum Anda memelihara kura-kura air.

1. Kenali jenis kura-kura yang Anda pelihara, apakah jenis kura-kura darat atau air.

2. Tanyakan umurnya, makanan yang cocok, dan ukuran akuarium yang pas untuk peliharaan baru Anda.

3. Carilah kenalan yang juga memelihara kura-kura agar bisa Anda jadikan tempat untuk bertanya berbagai hal seputar kura-kura Anda.

4. Carilah informasi mengenai dokter hewan yang paham dengan hewan-hewan reptil.

5. Jika kura-kura sakit, jangan panik. Pisahkan dari kura-kura lainnya jika takut sakit itu menular. Jika dalam waktu seminggu tidak membaik, bawalah ke dokter hewan.


Seperti banyak reptil dan amfibi lainnya, kura-kura cukup menarik bagi anak-anak untuk memelihara. Namun demikian, banyak orang membeli kura-kura hanya karena didasarkan pada “faktor trend”, tanpa memperhitungkan kebutuhan khusus kura kura tersebut. Bila Anda membeli kucing atau anjing, selalu ada beberapa persiapan yang cukup matang untuk memastikan kesehatan si hewan agar dapat hidup dengan baik dan berumur panjang seperti memastikan adanya bekas operasi, luka dan lain lain, belum lagi peralatan seperti mainan, anjing rumah, dan produk perawatan. Namun memelihara kura kura tidaklah serumit itu. Jika anda sering mendengar kasus kematian di penangkaran, hal tersebut lebih disebabkan karena mereka tidak ditangani dengan benar. Jika tepat prosedur perawatannya, kura-kura dapat hidup selama beberapa dekade, tetapi hal ini membutuhkan perhatian Anda membayar makanan mereka, pengaturan hidup, dan pengobatan.

Kura-kura adalah hewan reptil yang hidup di air tawar dan air laut. Kura-kura termasuk hewan langka yang perlu dilestarikan. Nama lain dari kura-kura adalah penyu atau bulus. Banyak cara yang harus anda lakukan untuk menyelamatkan habitat kura-kura dari kepunahan. Salah satunya ialah dengan budidaya kura-kura.

okee mungkin ini dulu yang bisa aku bagi tentang merawat kura-kura. sampai ketemu di post selanjutnya :D

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs