American Cocker Spaniel


Anjing American Cocker Spaniel adalah trah terkecil dalam Group 8 (pembagian dalam FCI). Namun meskipun merupakan trah terkecil dalam grup 8 FCI, anjing ini termasuk dalam kategori sedang atau Medium-Size Dog, dan juga merupakan yang terkecil dari ukuran sedang. Trah ini digunakan oleh manusia dalam permainan Flushing burung Woodcock. Tugas dari Cocker Spaniel dalam permainan ini adalah mengagetkan/menghalau kawanan burung Woodcock yang sedang bersembunyi sehingga burung-burung terbang dan bisa ditembak oleh majikannya. Kemudian Cocker Spaniel akan mengambil dan membawa burung yang sudah ditembak, baik di semak-semak maupun di air, kepada majikannya.

American Cocker Spaniel berasal dari nenek moyang yang sama dengan English Cocker Spaniel. Perbedaan trah ini dengan sepupunya English Cocker Spaniel adalah American Cocker Spaniel memiliki bulu yang lebih tebal dan panjang, sehingga kelihatan lebih glamor jika dibandingkan dengan English Cocker Spaniel. Size American Cocker Spaniel juga lebih kecil dibandingkan dengan English Cocker Spaniel. Namun meskipun standarisasi kedua trah ini agak berbeda, fungsi kedua trah ini tetaplah sama, yakni sebagai Sporting Dog dan Family Pet. Anjing American Cocker Spaniel memiliki jiwa yang selalu happy, sangat mencintai manusia (sehingga kadang-kadang bisa kecenderungan manja), dan juga sangat ideal sebagai anjing keluarga. Anjing ini mampu menyesuaikan dirinya dengan pemiliknya, baik itu tinggal di rumah yang sangat kecil maupun rumah yang sangat besar.



American Cocker Spaniel mempunyai bulu yang panjang, maka untuk menjaga keindahan bulu diperlukan perhatian ekstra dari pemiliknya. Untuk mencegah kusut pada bulu, penting untuk disisir setiap hari. Oleh sebab itu, anak anjing Cocker Spaniel harus dibiasakan untuk disisir sejak dini agar nantinya bisa terbiasa. Jika anda ingin penampilan anjing ini sesuai standarisasinya, maka bulunya perlu dirapikan setiap 6 - 8 minggu sekali. Grooming Cocker Spaniel memerlukan alat-alat seperti clippers, stripping knife, thinning shears, gunting, serta sisir. Jika anda tidak memiliki alat-alat ini, maka anda harus membawanya ke salon anjing. Bagian-bagian yang digrooming adalah kepala, telinga, leher, punggung, kaki, dan tidak lupa bagian ekor dan pantat. Telinganya yang panjang perlu diperhatikan kebersihannya, dan bulu-bulu yang panjang didalam telinganya dan diantara bantalan kakinya perlu dirapikan.


Saya ingin menekankan bahwa anjing American Cocker Spaniel tidak akan mempunyai bulu yang full-coat dan indah jika anda tidak merawatnya secara baik dan benar. Biasanya, American Cocker Spaniel yang sudah full-coat harus dimandikan 5-7 hari sekali (tergantung keadaan). Tapi, jika anda tidak punya waktu untuk itu, maka saya sarankan untuk digrooming puppy-cut saja. Karena Cocker Spaniel yang berbulu lebat dan panjang rentan terhadap sakit kulit (external parasit), apalagi karena Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dan lembab. Salah satu bagian yang juga tidak dilupakan adalah perawatan mata. Mata Cocker Spaniel yang cukup besar, memudahkan kotoran dan debu di udara masuk ke mata, sehingga akan timbul kotoran mata. Gunakan kapas yang telah dibasahi untuk membersihkan bagian luar mata, kemudian gunakan obat tetes mata untuk menyegarkan matanya. Ini bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu (tergantung kebutuhan).




Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs