Obat flu justru bikin virus menyebar lebih cepat!



Meminum obat flu memang bisa membantu mengurangi gejala flu yang Anda rasakan dan membuat baikan. Namun efek obat flu ternyata justru merugikan teman-teman di sekitar Anda. Pasalnya, sebuah penelitian mengungkap bahwa obat flu yang mengandung aspirin, paracetamol, dan ibuprofen ternyata mampu membuat virus penyebab penyakit menyebar cepat.

Hasilnya, Anda memang lebih baikan dan cepat sembuh, namun teman-teman Anda lebih berkemungkinan untuk tertular. Peneliti di Kanada menemukan bahwa obat flu yang bisa meredakan gejala flu juga menjadi penyebab sekitar 20 kasus flu yang dialami oleh banyak orang. Peneliti menjelaskan bahwa daripada meminum obat dan tetap bekerja, seseorang sebaiknya beristirahat di rumah saat kena flu agar virus tak menyebar ke rekan kerja mereka.

Peneliti dari McmAster University di Ontario menemukan hal ini setelah mengamati percobaan pada binatang. Binatang diketahui melepaskan lebih banyak virus flu setelah mereka mengonsumsi obat untuk meredakan demam yang mereka rasakan.

Obat membantu tubuh untuk melawan penyakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun obat tersebut juga membuat frekuensi batuk dan bersin meningkat sehingga berkemungkinan menularkannya pada orang lain, seperti dilansir oleh Daily Mail (22/01).

Meski penelitian ini dilakukan pada binatang, namun gejala flu yang dialami sama seperti manusia. Ketika mengalami demam, tubuh sebenarnya tengah melawan penyakit yang ada di dalam. Meminum obat dan menurunkan temperatur memang bisa menghilangkan demam, namun juga mengusir virus keluar dan menyebarkannya pada orang lain.

Kebanyakan orang minum obat ketika demam dan mengalami flu, kemudian tetap bekerja. Hal yang sama juga terjadi pada anak-anak. Setelah minum obat mereka akan tetap sekolah dalam keadaan masih flu. Mereka mengira karena demam sudah turun maka kemungkinan menularkan pada orang lain lebih kecil. Padahal yang terjadi sebaliknya.

Peneliti berharap masyarakat bisa melihat kesalahan dalam anggapan mereka dan mulai menyadari fakta yang sebenarnya. Ketika terkena flu, sebaiknya beristirahat di rumah. Jika minum obat, jangan masuk kantor atau sekolah dulu, karena Anda berkemungkinan besar akan menularkan virus pada teman dan rekan kerja.

sumber : http://www.merdeka.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs