Pelayanan Konsumen Kunci Memenangkan Persaingan Usaha


Entrepreneur yang berdedikasi pasti tahu bahwa pelayanan konsumen merupakan sesuatu yang penting. Banyak perusahaan yang berkembang menjadi besar karena mementingkan pelayanan konsumen. Kesetiaan pelanggan mereka adalah bukti dari kesuksesan tersebut. Memang, perusahaan besar mengeluarkan banyak biaya untuk meningkatkan layanan konsumennya. Namun, apa yang mereka lakukan tentu bisa diadaptasi oleh perusahaan kecil bahkan perusahaan yang baru berdiri dengan anggaran dan sumber daya terbatas dalam meningkatkan layanan konsumennya.
Sebagai perusahaan yang berdedikasi, tentu sejak awal menyadari bahwa pelanggan adalah inti dari bisnis dan harus diperlakukan dengan rasa hormat. Layanan konsumen yang baik punya dampak yang sangat besar terhadap tingkah laku pembelian. Sebab layanan pelanggan mempengaruhi kepercayaan terhadap penjual.
Jika seorang pelanggan menghubungi Anda, mereka ingin ditanggapi secara cepat, simpatik, dan efektif. Itulah yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Menanggapi pelanggan secepat mungkin adalah hal yang sangat penting. Anda tidak harus langsung memberikan solusi. Tapi Anda harus memberitahukan kepada pelanggan bahwa Anda sedang mencari solusinya.
Meski perusahaan Anda kecil, Anda dapat bertingkah laku layaknya perusahaan skala besar yang sukses dan mengadopsi bahwa layanan pelanggan adalah pusat keuntungan dari bisnis Anda. Kelola layanan konsumen Anda secara sederhana, efektif, dan terjangkau, dan Anda kemudian akan menyadari bahwa Anda unggul dalam persaingan usaha. (as)
sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs