Tetapkan Harga yang Menguntungkan Semua Pihak


(Image credit: texasenterprise.utexas.edu)
Penentuan harga produk atau layanan tidak seharusnya dimanfaatkan untuk mendapatkan nilai maksimal dari setiap transaksi. Pelanggan dapat berpikir bahwa mereka hanya dijadikan sapi perahan perusahaan Anda jika Anda menggunakan pola pikir demikian dalam berhubungan bisnis dengan mereka. Alih-alih, cobalah menciptakan nilai dan manfaat positif bagi pelanggan dengan menggunakan beberapa prinsip berikut ini:
1. Fokus pada hubungan, bukan transaksi
Gunakanlah penentuan harga produk atau layanan Anda sebagai kesempatan untuk menyampaikan bahwa Anda menghargai pelanggan Anda sebagai orang, bukan phak yang bisa diperas dan dimanfaatkan begitu saja setiap kali ada kesempatan.
2. Berikan keleluasaan
Tolaklah dorongan untuk menentukan patokan harga yang terlalu kaku. Tidak ada harga yang "benar". Daripada melakukan strategi itu, cobalah mendesain skema harga sehingga ia bisa berubah sesuai tanggapan pelanggan terhadap perubahan yang terjadi dalam kebutuhan mereka. Skema harga yang lebih responsif ini akan memberikan fleksibilitas bagi mereka dan Anda akan lebih terbuka dalam bertransaksi dengan mereka. Tak ayal pintu peluang akan makin terbuka.
3. Bersikap adil
Pastikan bahwa harga Anda memenuhi ekspektasi konsumen dan bahwa proses penentuan harga sangatlah jelas. Bersikaplah transparan mengenai masuk akal tidaknya harga-harga yang Anda tetapkan. Jika Anda bisa menjelaskan dengan baik dan sopan serta meyakinkan, tidak mungkin mereka akan menyetujuinya. (hbr/ap)

sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs