Makanan Gerbil


Fat-tailed gerbil merupakan hewan insectivorous (pemakan serangga) di alam liarnya, namun mereka juga bisa makan beragam jenis tumbuh-tumbuhan. Tapi kita dapat memberinya makanan racikan sendiri untuk hewan pengerat yang biasa diberikan untuk hamster. Gerbil amat sangat menyukai ulat bambu, jangkrik, ngengat, dan serangga jenis lainnya, termasuk kumbang. Saat ini gerbil yang dirumah baru saya coba kasih ulat bambu, dan reaksi mereka benar-benar amat sangat liar. Bahkan mereka bisa bertengkar satu sama lain demi memperebutkan seekor ulat bambu. Disarankan memberikan ulat bambu di tempat makan saja dengan berisi lebih dari satu ulat bambu. Karena pertengkaran mereka cukup serius jika mereka sudah berebut serangga.

Jika kita tidak ingin memberikan makan serangga, kita juga bisa memberikannya dry cat food (makanan kucing kering). Gerbil dirumah saya berikan racikan makanan hamster dan dry cat food sebagai sumber protein mereka untuk pengganti serangga. Gerbil juga bisa diberikan buah-buah dan sayuran tapi mereka tidak bisa mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung banyak air karena mereka biasa hidup di daerah kering. Sehingga jarang ditemukan makanan yang banyak mengandung air. Hal ini dapat menyebabkan mereka diare, seperti hamster.

Cabang dan ranting tumbuhan juga kaya akan vitamin dan cocok untuk gerbil selain makanan utama, terutama di musim dingin. Bahkan bagus untuk gigi mereka juga, karena gigi mereka tumbuh sepanjang hidup mereka. Dengan mengigit-gigit ranting mereka dapat mengasah gigi seperti hamster. Ranting yang diperbolehkan hanya dari ranting dari pohon buah, willow, birch, hazel, beech dan maple tree. Namun karena disini kita sulit menemukannya, sebaiknya kita gunakan yang biasa hamster pakai untuk gigit-gigit saja. Karena saya juga menggunakannya untuk gerbil dirumah.

Hay (jerami atau rumput kering) juga bagus untuk fat-tailed gerbil, karena mereka banyak mengandung serat. Selain itu Hay juga bagus untuk membuat sarang. Tapi bisa kita ganti dengan serbuk kayu biasa. Karena yang dirumah juga suka gigit-gigit serbuk. Bahkan mereka juga bisa menjilati serbuk untuk membuat sarang agar pondasinya kuat.


Gerbil butuh minum seperti hamster. Mereka bisa menggunakan botol minum hamster yang biasa dijual di pet store. Tempat makan juga bagus diberikan untuk mereka, tapi sebaiknya diletakkan di tempat tinggi atau mereka akan menguburnya dengan serbuk kayu. Sama seperti hamster yang suka menyembunyikan makanan dibalik serbuk. Jadi tempat makan pun sebenarnya tidak wajib ada di dalam kandang.


Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs