Black Ghost si cantik nan eksotis

Ikan black ghost atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Apteronotus alifronsmerupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari sungai Amazon, Rio Paraguay, Brazil, Peru, Ekuador, Venezuela dan Guyana. Sesuai namanya ikan ini berwarna hitam dengan bercak putih atau kuning di bagian ekornya.
Pada umumnya ikan black ghost dikenal sebagai ikan aquarium karena warnanya yang begitu eksotis sehingga ikan ini banyak digemari sebagai ikan hias. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 50 cm, namun dengan panjang rata-rata sekitar 35 cm. Black Ghost bersifat nokturnal serta mampu menghasilkan listrik lemah (<1V/cm) dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 kHz. Sinyal listrik dihasilkan dari organ di ekor ikan dan akan didistribusikan oleh reseptor yang ada di seluruh kulitnya untuk mendeteksi keberadaan mangsa (larva serangga) serta untuk mengenali objek sekitar (navigasi) dan berkomunikasi dengan ikan lain.

 
black ghost        

Black Ghost yang bersifat karnivora dapat hidup pada selang suhu antara 23-280C dengan pH 6,5-7,5. Makanan utama Black Ghost adalah pakan hidup, beku ataupun kering yang dapat berupa larva serangga maupun cacing rambut. Untuk memelihara Black Ghost sebaiknya di dalam aquarium gelap yang banyak tempat persembunyian mengingat ikan Black Ghost yang pemalu. Dalam memelihara ikan Black Ghost dianjurkan untuk tidak satu tempat dengan ikan penghasil listrik lainnya karena sinyal listrik yang dihasilkan dapat merusak sistem radar dan sistem navigasi masing-masing ikan.
Teknik breeding Black Ghost sudah banyak dilakukan dalam aquarium. Dalam proses breeding disiapkan batu, tanaman dan lembaran keramik untuk tempat menempelkan telur. Membedakan induk Black Ghost jantan dan betina dapat dilakukan dengan melihat penampilan fisiknya. Induk jantan memiliki ciri dagu dan badan panjang serta lurus, sedangkan induk betina pendek dan terlihat lebih besar. Proses bertelur terjadi pada malam hari dan pada pagi harinya pisahkan telur untuk menghindari dimakan oleh induknya.



Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs