Kenari dada kuning: Perpaduan suara blackthroat dan mozambik

Bagi para ornitholog, lemon-breasted canary atau burung kenaridada kuning merupakan spesies tersendiri. Mereka pun bersepakat memberinya nama Serinus citrinipectus. Namun sebagian ahli kenari, terutama dari kalangan penangkar burung finch, meyakini kalau spesies ini merupakan hasil persilangan (crossing) alami antara blackthroat  /  yellow-rumped seedeater (Serinus atrogularis) dan mozambik / yellow-fronted canary (Serinus mozambicus).  Faktanya, kicauan kenari dada kuning memang sangat merdu, dan terdengar seperti perpaduan suara blackthroat dan mozambik.
Serinus citrinipectus
Bagi penggemar burung finch (keluarga Fringillidaedi Indonesiakenari dada kuning memang belum sepopular blackthroat maupun mozambik. Burung ini sesekali masuk ke Indonesia bersama burung impor lainnya. Tidak sedikit pula sobat kicaumania yang sengaja memesan burung jenis ini dari importir, karena suara yang dimilikinya memang lebih ngerol, dengan volume yang keras.
Di beberapa negara penghasil kenari dan finch, lemon-breasted canary kerap dijadikan burung media untuk melatih burung lainnya, atau bahasa popular di Indonesia adalah sebagai burung masteran.
Membedakan burung jantan dan betina
Membedakan jenis kelamin burung lemon-breasted canary relatif mudah, terutama ketika mereka sudah dewasa. Istilah lemon-breasted atau dada kuning sebenarnya dilekatkan pada burung jantan. Sebab bagian dada (dan tenggorokan) burung jantan berwarna kuning. Hal ini berbeda dari burung betina, di mana tenggorokan dan dada berwarna cokelat.
Selain itu, burung betina memiliki warna bulu yang cenderung lebih kusam daripada burung jantan. Warna bulu di bagian kepala burung jantan juga lebih tegas, abu-abu, dengan dua garis kuning pada kedua sisi dahinya, serta pada bulu yang menutupi cuping telinga. Silakan lihat gambar di bawah ini.
Sexing kenari dada kuning
Perbedaan burung jantan dan betina pada lemon-breasted canary.
Warna punggung burung jantan cokelat keabu-abuan, dengan goresan hitam. Bulu sayap kehitaman, dengan garis-garis putih yang tipis. Corak sayap ini juga dimiliki burung betina. Baik burung jantan maupun betina memiliki ekor pendek, dan bagian pantat yang berwarna kuning cerah.
Perbedaan antara burung jantan dengan burung betina
Burung kenari dada kuning jantan dan betina.

sumber : http://omkicau.com/2

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs