Tips aman mencampur aneka burung finch dalam satu kandang

Bagaimana kalau kita mencampur aneka burung bertipe fighter sepertikacermurai batu, dan pentet dalam satu kandang koloni atau aviary? Bisa ditebak, pasti ada salah satu atau lebih burung yang mati, lantaran adu fisik tak berkesudahan. Bagaimana kalau mencampur aneka finch seperti kenari, mozambik, pipit zebra, dan blackthroat dalam satu kandang? Sebagian finch memiliki tipe sosial tinggi, sebagian lagi rendah. Jadi, kita perlu mengenali karakter masing-masing burung finch, sebelum memutuskan untuk mencampurnya dalam satu kandang.
Ragam jenis finch yang beraneka warna dan bentuk
Ragam jenis finch yang beraneka warna dan bentuk.
Memelihara burung jenis finch memang menyenangkan, apalagi jika kita memiliki kandang aviary / koloni untuk memelihara atau menangkarnya. Jenis burung ini mudah bersosialisasi sehingga banyak penggemar yang mencampur beberapa jenis finch dalam satu kandang aviary.
Pemeliharaan atau penangkaran aneka finch dalam satu kandang memang menghemat ruangan. Kalau kita memeliharanya per jenis finch, tentu butuh lahan lebih luas, meski ukuran tubuhnya mungil.
Bagi seorang breeder, ini tentu sangat menguntungkan. Investasi kandang dapat dihemat, perawatan lebih praktis, dan keuntungan atau laba usaha pun bisa meningkat.
Persoalannya, jumlah spesies yang termasuk burung finch mencapai puluhan, bahkan ratusan, di dunia. Tidak semua burung finch mau menerima kehadiran spesies lain, meski sama-sama dari jenis finch. Karena itu, kita perlu juga mengenali karakter mereka.
Selain itu, ada beberapa faktor pemicu yang memunculkan konflik antar-spesies burung finch ketika disatukan dalam kandang aviary / koloni, antara lain :
  1. Temperamen dari burung itu sendiri, khususnya saat sedang berkembang biak.
  2. Ukuran / postur tubuh yang berbeda atau terpaut jauh (besar dan kecil).
  3. Jenis pakan yang berbeda.
  4. Temperatur udara dalam lingkungan kandang yang terlalu panas.
Jika Anda menempatkan beberapa jenis finch dalam satu kandang, kemudian terjadi konflik / pertengkaran, maka yang harus segera dilakukan adalah memindahkan burung yang terlihat sangat agresif. Sebab hal ini bisa mengganggu aktivitas burung lain, khususnya yang sedang atau menjelang berkembang biak.

sumber : http://omkicau.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs