Musik ternyata tidak efektif untuk meningkatkan kecerdasan?


Sebuah penelitian mengejutkan datang dari Harvard University. Para peneliti dari universitas bergengsi tersebut menyebutkan bahwa musik tidak dapat meningkatkan kecerdasan Anda.

Seperti dilansir dari time.com, musik memang dapat menenangkan jiwa Anda serta mampu meningkatkan kecepatan otak dalam bekerja dan meningkatkan kreativitasnya. Namun musik tidak mampu meningkatkan kecerdasan Anda.

Mitos bahwa musik mampu meningkatkan kecerdasan Anda dikaitkan dengan sebuah penelitian yang diterbitkan di tahun 1993 dalam jurnal Nature. Mitos ini dikaitkan dengan "efek musik Mozart" yang menyebutkan bahwa instrumen musik tersebut mampu meningkatkan keterampilan kognitif Anda.

Namun hasil ini kemudian dibantah dengan penelitian yang dilakukan di Harvard tersebut. Penelitian ini mengambil sampel beberapa murid yang mengikuti les musik atau mengambil mata pelajaran musik. Setelah diteliti selama 1 tahun, disebutkan bahwa para murid yang mengambil mata pelajaran musik tersebut nyaris tidak mengalami perkembangan signifikan dalam perkembangan kemampuan kognitif.

Lebih lanjut penelitian ini juga belum dapat menilai apakah jenis musik tertentu mampu meningkatkan kecerdasan seseorang atau tidak. 

Oleh karena itu, untuk sementara ini para peneliti menilai bahwa musik dapat membuat Anda lebih cerdas hanyalah sebuah mitos karena yang terpenting dalam meningkatkan kecerdasan adalah dengan selalu mengasah ketajaman cara berpikir Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs