Gejala Penyakit Malaria

Gejala Penyakit Malaria,- Yang dimaksud penyakit Malaria adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh parasit melalui gigitan nyamuk. Penyakit yang diakibatkan oleh parasit yang bernama Plasmodium ini akan berkembang biak pada organ hati, menyebar pada sel darah merah dan terus berkembang biak dan merusak sel darah merah. Pada akhirnya penderita penyakit ini sering mengalami kekurangan darah (anemia). Namun jika tidak dilakukan pengobatan sejak dini akan menimbulkan komplikasi yang dapat menyebabkan penderita meninggal. Pada penyakit ini gejala yang ditimbulkan menyerupai gejala penyakit lain seperti tifus, dan demam berdarah. Yang membedakan gejala penyakit malaria dengan penyakit lainnya adalah dengan adanya gejala pemutihan warna pada retina mata. Bahkan kasus yang pernah terjadi, penderita penyakit malaria sampai mengalami koma. Maka dari itu sebelum penyakit ini menyerang, ketahui gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Gejalanya yang ditimbulkan seperti :

gejala penyakit malaria yang perlu diwaspadai 

Gejala Penyakit Malaria Ringan :

  • Gejala Penyakit Malaria Pada Stadium Dingin
Penderita akan merasakan kedinginan dibarengi dengan menggigil, denyut nadi cepat namun lemah, terlihat pucat, dan muntah.
  • Gejala Penyakit Malaria Pada Stadium Demam
Sakit kepala dibarengi dengan muntah, suhu badan yang bisa mencapai 40°C, bahkan sampai terjadi kejang-kejang.
  • Gejala Penyakit Malaria Pada Stadium Berkeringat
Pada stadium ini biasanya penderita mengali berkeringan yang sangat banyak. Suhu tubuh menurun sampai dibawah normal, namun dengan melakukan istirahat biasanya penderita sudah dapat melakukan kegiatan lain.

Gejala Penyakit Malaria Berat :

  • Gangguan Pada Kesadaran
Mulai dari koma, mengigau, selalu tertidur, diam, sikap yang berubah drastic.
  • Kondisi Lemah
Kondisi yang terus menurun bahkan mengakibatkan penderita tidak bisa duduk bahkan berdiri.
  • Panas Yang Sangat Tinggi
  • Kejang – kejang
  • Sesak Napas
Gejala Penyakit Malaria yang disebabkan oleh parasit dari gigitan nyamuk ini cukup membahayakan, dan bahkan ana-anak yang sering mengalaminya. Karena kekebalan dalam tubuhnya masih sangat rentan, jika orang dwasa saja bisa terkena penyakit ini apalagi anak-anak. Dan gejala yang paling utama dapat deiketahui adalah penderita merasakan panas namun merasakan dingin yang amat sangat dingin. Pencegahan pada penyakit ini dengan rajin membersihkan dan menjaga kesehatan lingkungan, menghindari dari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk. Pencegahan lebih baik daripada mengobati, semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga awawasan anda bertambah terutama mengenai gejala penyakit malaria.

 (source: gejalapenyakit.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs