Panduan Beternak Kenari


Terasa tidak afdol bila mempunyai kenari dari keturunan unggul namun tidak diternakan. Bila cuma hanya pelihara saja, itu tidak ada tantangannya. Pengagum kenari sejati, dapat tertantang untuk membudidayakan koleksinya.
Panduan Beternak Burung Kenari
Panduan Beternak Burung Kenari
Sesungguhnya berternak burung ini tidak demikian sulit. Burung kenari apalagi dapat diternakan dengan kandang simpel ukurannya kecil. Disamping itu kenari betina dewasa amat produktif bertelur, sekali bertelur membuahkan 5 butir. Maka dari itu amat rugi bila pengagum kenari cuma hanya pelihara saja. Di bawah ini panduan ringkas beternak burung kenari :
  • Sarana
    Fasilitas yang perlu disediakan untuk sistem perkawinan kenari yaitu diantaranya siapkan kandang perkawinan, dlm kandang ini dilengkapi dengan area makan serta minum, tenggaran dua, kotak sarang di beri jerami kering atau potongan kertas.
  • Penentuan indukan
    Calon indukan kenari, tentukan yang telah dewasa. Usia ideal kenari yang siap kawin yaitu 8 bln. hingga 3 th.. Perbedaan kenari jantan serta betina amat gampang dikenali. Kenari jantan umumnya posturnya lebih kecil serta ramping daripada kenari betina. Pada paruh jantan lebih tidak tebal, namun kenari betina agak tidak tipis sedikit. Dari sisi kicauan, kenari jantan lebih keras serta variatif, tidak sama dengan kenari betina yang monoton.
  • Penjodohan
    Langkah selanjutnya yaitu penjodohan. Langkahnya dekatkan kandang kenari betina serta kenari jantan, supaya keduanya dapat sama-sama melihat serta berhubungan. Bila jodoh umumnya keduanya sama-sama mendekat, serta berhubungan. Saat telah positif keduanya akur serta berjodoh. Langkah selanjutnya yaitu memasukan kedalam kandang perkawinan yang telah disediakan. Biarlah hingga hingga dua atau lima hari disana. Cermati seksama apakan ke-2 indukan itu akrab serta sama-sama bercumbu. Umumnya bila jodoh, sang betina dapat mengatur sarang telurnya, dengan cara mencabik-cabik serabut atau kertas.
  • Saat bertelur
    Sekali bertelur betina dapat mengeluarkan tiga hingga lima butir telur. Pekerjaan mengerami dikerjakan oleh betina serta jantan. Baiknya saat saat mengerami, pemberian pakan mesti di perhatikan benar. Pakan serta air minum jangan sempat kosong. Sesudah dua minggu saat pengeraman, telur dapat menetas. Barangkali tidak seluruh telur sukses mentas, ada satu atau dua butir yang gagal. Anakan burung itu sepanjang 1bulan di bawah asuhan indukan betina. Indukan betina senantiasa meloloh pakannya pada anak-anaknya. Sesudah anak –anak kenari berusia 1bulan dapat dipisahkan dari indukan serta dimasukan pada kandang pembesaran.
sumber : http://www.satwa.net/

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs