Cara Mengatasi Keluhan Jerawat di Hidung

Jerawat bisa muncul di mana saja, mulai di wajah, seperti: di dahi, di pipi, di dagu, di pelipis, di hidung, dan bisa juga muncul di punggung, di leher dan di dada. Jerawat yang muncul di hidung sangat menjengkelkan, selain sakit apabila disentuh juga membuat rasa percaya diri hilang.
[Image: jerawat+di+hidung.jpg]

Jerawat terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh benda asing seperti debu, bakteri, atau karena sel kulit mati. Sehingga kelenjar minyak pada lapisan kulit akan meradang, membengkak, bernanah dan terasa sakit.

Cara Mengatasi Jerawat pada Hidung

Untuk menyembuhkan jerawat pada hidung tidak semudah di bagian lain, karena jerawat tumbuh dan mengakar seperti membuat rumah di sana. Untuk mengatasinya, Anda disarankan melakukan beberapa hal ini:

Jangan menyentuh jerawat dengan tangan

Menyentuh jerawat di wajah dengan tangan adalah kebiasaan yang buruk. Karena tangan Anda adalah sumber bakteri yang sangat mudah membuat jerawat semakin meradang. Semakin sering Anda menyentuh jerawat, maka semakin meningkat pula aktivitas bakteri pada jerawat tersebut.

Mencuci Wajah

Cuci wajah Anda selama 4-5 kali sehari untuk membantu mengurangi kadar minyak di wajah. Selain itu, Anda bisa mencegah debu dan kotoran agar tidak menyumbat pori. Bila rasanya nyeri, maka setelah mencuci wajah, Anda bisa mengompres wajah dan bagian yang berjerawat dengan es batu. Es batu dapat mengurangi peradangan pada jerawat.

Jerawat jangan dipencet

Kalau jerawat disentuh dengan tangan akan membuatnya lebih parah, apalagi dipencet. Jika jerawat dipencet akan meninggalkan bekas luka yang akan jelas terlihat dan susah hilangnya. Bila jerawat masih meradang dan merona kemerahan, maka biarkan saja. Tunggu sampai nanah jerawat tersebut keluar sendiri, dan baru diobati.
Menggunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Waktu menggunakan minyak pohon teh untuk jerawat adalah pada malam hari, Anda bisa memijat area berjerawat dengan menggunakan minyak pohon teh. Pada esok harinya biasanya jerawat akan kempes dan peradangannya berkurang.

Diuap

Jangan takut pori-pori kulit akan besar, karena dengan menguapi wajah maka pori-pori akan terbuka sehingga membantu mengeluarkan kelebihan minyak di wajah. Lamanya menguapi wajah cukup 20-30 menit, setelah itu segera Anda kompres bagian yang berjerawat dengan es batu.

Dalam mengatasi jerawat harus telatan dan penuh rasa sabar, agar hasilnya maksimal. Semoga bermanfaat.^^

0 komentar:

Posting Komentar

 
2011 Hamster Persia Betta Sugar Glider Aksesoris | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs